Inovasi Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung Menghasilkan Probiotik untuk Meningkatkan Sistem Imun bersama KKN UPN “Veteran” Jawa Timur

Inovasi Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung Menghasilkan Probiotik untuk Meningkatkan Sistem Imun bersama KKN UPN “Veteran” Jawa Timur

Tulungagung- Pada tanggal 4 Agustus 2023 Santri pondok pesantren Al Azhaar Tulungagung bersama 11 mahasiswi KKN UPN “Veteran” Jawa Timur membuat probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan, salah satunya dalam meningkatkan fungsi sistem imun. Sistem imun adalah sistem pertahanan tubuh yang bertugas melindungi tubuh dari infeksi.

Bahan probiotik terdiri dari biang, air kelapa dan madu.  Bahan tersebut bermanfaat bagi kesehatan sehingga berpotensi untuk dijadikan probiotik. Metode pembuatan probiotik dengan cara fermentasi selama 7 hari. Selama proses fermentasi wadah harus ditutup rapat agar membatasi oksigen sehingga proses fermentasi berjalan dengan cepat dan optimal.

KH. Imam Mawardi selaku pengasuh pondok pesantren Al Azhaar Tulungagung mengatakan “Minuman probiotik ini sangat baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit sekaligus sebagai bentuk ikhtiar kepada Allah.”

Air kelapa alami mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, elektrolit dan gula alami. Air kelapa dapat menjadi medium yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme probiotik tertentu selama proses fermentasi. Proses fermentasi dapat menghasilkan produk dengan kandungan probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan usus dan sistem imun.

Madu memiliki sifat antimikroba alami yang dapat membantu menghambat pertumbuhan mikroorganisme patogen. Namun, madu juga mengandung gula alami yang berfungsi sebagai nutrisi untuk perkembangbiakan mikroorganisme selama proses fermentasi. Proses fermentasi dalam madu dapat menghasilkan produk dengan kandungan probiotik dan mungkin juga menghasilkan senyawa bioaktif tambahan.

Mikroorganisme yang digunakan dalam proses fermentasi akan menjadi kunci dalam menghasilkan probiotik alami. Mikroorganisme probiotik yang digunakan adalah bakteri asam laktat. Proses fermentasi oleh mikroorganisme ini dapat mengubah komponen bahan mentah menjadi produk akhir yang mengandung probiotik dan mungkin juga zat-zat lain yang bermanfaat.

Pada saat pembuatan probiotik di pesantren harus dalam keadaan suci. Selesai pembuatan probiotik juga diberika doa-doa dan pada saat pembacaan doa-doa harus menghadap kiblat. Doa-doa ini memiliki arti yang lebih dalam daripada sekadar rangkaian kata-kata, karena mencerminkan keyakinan dalam pentingnya menjaga keseimbangan antara keberadaan manusia dan alam. Selain itu, doa juga melambangkan bentuk penghormatan terhadap kehidupan dan lingkungan sekitar.

Dalam keseluruhan proses ini, pesantren menjadi tempat di mana nilai-nilai agama, kesucian, dan penghormatan terhadap lingkungan berkumpul dalam kegiatan yang konkrit. Keterhubungan antara pembuatan probiotik dan spiritualitas menjadi bukti nyata bahwa kesehatan dan kesucian tidak terpisahkan.

TK Islam Al Azhaar Tulungagung: Gebyar Lomba Pildacil Online, Nyalakan Semangat HUT RI 78!

TK Islam Al Azhaar Tulungagung: Gebyar Lomba Pildacil Online, Nyalakan Semangat HUT RI 78!

Woi teman-teman, tanah air kita, Indonesia, lagi merayain momen penting nih! Ulang tahun yang ke-78 nih, ngerayain hari kemerdekaan Republik Indonesia. Wah, ini momen yang gak bisa disepelein, bikin semangat persatuan dan kesatuan jadi makin nyala di tengah beragamnya kita. Nah, di TK Islam Al Azhaar Tulungagung, momen ini jadi bener-bener spesial banget. Mereka ngadain peringatan HUT RI ke-78 yang keren banget, loh! Udah gitu, ini juga jadi kesempatan buat ngebangun keharmonisan di negeri ini, dan ngajak anak-anak muda kita jadi penerus bangsa yang lebih mantap!

Momen spesial ini di TK Islam Al Azhaar Tulungagung tuh jadi kesempatan yang gak bisa dilewatkan. Mereka ngadain acara yang bener-bener beda, yakni “Lomba Online PILDACIL”. Nah, buat kamu yang belom tahu, PILDACIL itu singkatan dari Pidato, Dakwah, dan Ceramah Ilmiah. Keren, kan? Lomba ini khusus buat santri TK A, dan tujuannya? Buat ngebangun semangat nasionalisme dan ngasih penghormatan buat para pahlawan yang dulu berjuang banget buat kemerdekaan.

Gimana sih jalannya lomba ini? Nah, lomba Pildacil Online ini digelar mulai dari tanggal 7 hingga 14 Agustus 2023. Dan yang berhasil bawa pulang gelar juara itu gak main-main, guys! Ananda Qinara Aishwanahla Arifin dari Kelas A3 berhasil jadi Juara 1. Anand Adhyastha Rajendra Prasraya Ardianto juga dari Kelas A3 nyempil jadi Juara 2, dan ada Ananda Mishall Shanum Zea Almahyra dari Kelas A5 yang sukses jadi Juara 3. Keren banget kan?

Wah, peserta lomba ini beneran punya bakat dan dedikasi tinggi, deh! Mereka nggak main-main dalam menyampaikan pesan-pesan penting tentang makna sesungguhnya dari kemerdekaan. Kita juga patut bangga sama semua peserta, yang udah ngasih usaha dan kreativitas mereka buat isi momen spesial peringatan kemerdekaan. Selamat buat para pemenang dan seluruh peserta, kalian emang keren banget! Semoga semangat nasionalisme tetap berkobar dalam diri kita, ya!

Nah, buat kita anak muda, khususnya yang lagi ngejadiin TK Islam Al Azhaar Tulungagung sebagai tempat belajar, ini saatnya kita beraksi, guys! Semangat kemerdekaan itu nggak boleh berhenti di peringatan doang, tapi harus diteruskan dalam tindakan nyata yang bisa ubah dunia. Di TK Islam Al Azhaar Tulungagung, kita punya peluang buat ngomongin cita-cita kita buat Indonesia ke depannya. Lewat lomba Pildacil ini, kita belajar gimana caranya ngungkapin aspirasi kita dengan jelas dan simpel.

Peringatan HUT RI ke-78 di TK Islam Al Azhaar Tulungagung ini beneran punya pelajaran penting banget buat kita semua, apalagi buat anak-anak. Semangat kemerdekaan, rasa rukun dalam keberagaman, dan peduli terhadap lingkungan serta sesama, jadi hal penting yang bisa kita petik dari perayaan ini. Semoga semangat ini bisa kita terusin, dan kita jadi generasi penerus yang bener-bener bisa ngubah masa depan jadi lebih keren lagi. Ingat, kemerdekaan itu nggak cuma tanggal 17 Agustus aja, tapi juga harus keliatan dalam tindakan positif buat kemajuan dan kedamaian di tanah air kita tercinta, Indonesia!

bisa dibaca juga disini